Connect with us

Berita Patroli

BREAKING NEWS

Dukung Pemerataan Pembangunan, Telkom Lakukan Rekonstruksi Jembatan Gantung di Desa Cimahpar

Jembatan di Desa Cimahpar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

SUKABUMI – Berita Patroli

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berinisiatif merekonstruksi jembatan gantung di Desa Cimahpar, Kabupaten Sukabumi, demi mendukung pemerataan pembangunan. Jembatan gantung ini merupakan satu-satunya sarana infrastruktur yang menghubungkan antara Desa Cimahpar dan Desa Bojongsari yang membentang di atas aliran Sungai Ciletuh dengan panjang 30 meter dan lebar 1,5 meter.

Jembatan yang sudah dibangun sejak tahun 1960 ini menggunakan material kayu dan bambu sehingga saat ini kurang layak digunakan setelah termakan usia puluhan tahun. Aktivitas masyarakat desa yang bergantung pada satu pintu akses tersebut pun seringkali terkendala.

Pembangunan ulang jembatan pun dilaksanakan pada bulan Maret 2024 dengan mengganti konstruksi bangunan jembatan menggunakan rangka besi, lantai besi, serta penerangan yang layak.

Pasca pembangunan kembali, masyarakat langsung merasakan manfaat sebagai sarana penghubung antardesa. Pembangunan ini juga berpotensi menggerakkan ekonomi lokal. Masyarakat desa yang mayoritas merupakan petani dan pedagang pun terbantu untuk beraktivitas di pasar maupun ladang yang berada di desa seberang tanpa harus memutar sungai.

Kepala Desa Cimahpar, Umaryani, mengimbau masyarakat untuk menjaga dan bertanggung jawab merawat jembatan yang telah diberikan oleh PT Telkom Indonesia.

“Saya pun menyampaikan terima kasih kepada PT Telkom Indonesia atas bantuan pembangunan jembatan gantung sebagai penghubung akses utama masyarakat maupun petani.” Ujarnya.

Rekonstruksi jembatan pun menjadi komitmen Telkom untuk mendukung peran pemerintah dalam pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Program Revitalisasi Sarana Umum Berkelanjutan yang mengacu pada poin 11 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Senior General Manager Social Responsibility Telkom, Hery Susanto mengatakan, Telkom berinisiasi untuk mendukung pemerataan pembangunan salah satunya melalui rekonstruksi jembatan.

“Karena lebih dari sekedar akses penghubung, jembatan merupakan jendela dunia masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” katanya.

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BREAKING NEWS

To Top