Connect with us

Berita Patroli

JATENG

Restu Gibran untuk Kaesang Maju Pilkada Solo dan Sleman

Gibran Rakabuming Raka

SOLO, Berita Patroli – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menyatakan dirinya siap maju Depok Pertama lewat video di akun YouTube pribadinya. Sang kakak, Gibran Rakabuming Raka yang sempat menyarankan untuk tidak maju Pilkada Depok kini berubah pikiran.
Gibran kini membolehkan adiknya itu untuk maju Pilkada. Namun, restu Gibran untuk Kaesang maju di Pilkada Solo.

“Ya udah sekarang boleh di Solo,” ucap Gibran, ditemui di Balai Kota Solo, Senin (12/6/2023).

Gibran juga mempersilakan Kaesang maju di Pilkada Sleman. Keinginan maju Pilkada Sleman itu sempat disebutkan Kaesang beberapa waktu lalu saat mendampingi Presiden Jokowi di Solo.

“(Sleman?) Ya wis Sleman wae (Ya sudah Sleman saja). Selamat datang di Sleman. Sudah, saya nggak pernah bahas soal itu. Kemarin tidak ketemu, saya baru saja datang (dari Korea Selatan). Datang langsung ke kantor. Ora (tidak) sempat ketemu siapa, ketemu Kaesang,” jelasnya.

Sementara untuk Depok, Gibran yang juga Wali Kota Solo itu mengatakan idealnya restu itu datang dari warga Depok. Padahal Kaesang di channel YouTube-nya menyebut sudah mendapatkan restu dari keluarga.

“Ya idealnya yang merestui bukan saya tapi warganya. Yang namanya restu itu dari warga setempat, masyarakat setempat,” kata Gibran.

Gibran sendiri enggan menanggapi banyak soal video sang adik yang menyatakan Depok 1. Dirinya mengaku belum melihat berita yang berkembang saat ini usai pulang dari Korea Selatan.

“Tanya Kaesang, dia di sini, tidak ditanya. Tanya Kaesang. (Pendapat) Saya tidak tahu, saya baru sampai rumah,” ungkapnya.

Meski begitu, Gibran membebaskan sang adik bila ingin terjun ke dunia politik.

“(Kalau sebagai kakak) terserah Kaesang, monggo. (Cocok berpolitik) Ya terserah Kaesang,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gibran menyarankan Kaesang untuk tidak maju di Pilkada Depok. Gibran menyebut setuju dengan pernyataan Partai Keadilan Sosial (PKS) yang menyarankan Kaesang untuk maju di Pilwakot Solo saja.

“Setuju. Sepakat, jangan di Depok. Jangan di Solo juga, nambahi saingan,” kata Wali Kota Solo itu saat ditemui wartawan di Lokananta Solo, Jumat (2/6)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditemui di rumah dinas Loji Gandrung, Senin (12/6/2023) Meski begitu, Gibran membebaskan sang adik bila ingin terjun ke dunia politik.

“(Kalau sebagai kakak) terserah Kaesang, monggo. (Cocok berpolitik) Ya terserah Kaesang,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gibran menyarankan Kaesang untuk tidak maju di Pilkada Depok. Gibran menyebut setuju dengan pernyataan Partai Keadilan Sosial (PKS) yang menyarankan Kaesang untuk maju di Pilwakot Solo saja.

“Setuju. Sepakat, jangan di Depok. Jangan di Solo juga, nambahi saingan,” kata Wali Kota Solo itu saat ditemui wartawan di Lokananta Solo, Jumat (2/6).
Kaesang didorong PSI untuk maju sebagai calon Wali Kota Depok. Adapun PKS, partai pengusung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok saat ini, menilai Kaesang lebih baik maju di Pilwalkot Solo.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW). HNW menyebut PKS tak pernah berniat mengusung Kaesang di Pilwalkot Depok. Sebab Kaesang bukan kader PKS maupun orang Depok.

“Saya kira beliau juga bingung-bingung tuh kok ada yang nyalonin ke Depok, wajarnya kalau beliau tuh di Solo, sedikit kalau keluar dari Solo mungkin Klaten, Sidoarjo, Boyolali ya mungkin nanti kakaknya mungkin jadi gubernur beliau jadi wali kota, dan seterusnya,” kata HNW di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin (29/5)

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in JATENG

To Top