Connect with us

Berita Patroli

JATENG

Ditemukannya 5 Potongan Tubuh Manusia Terpisah Di Sukoharjo – Solo

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit saat konferensi pers di Mapolsek Grogol, Minggu (21/5/2023) terkait penemuan potongan tubuh manusia. Foto: dok. Humas Polres Sukoharjo.

Solo – Berita Patroli – Sejumlah potongan tubuh manusia ditemukan di beberapa lokasi di Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo, Minggu (21/5). Polisi turun tangan melakukan penyelidikan.

Awalnya, warga di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo menemukan potongan tangan kiri kemarin siang. Potongan tangan yang sudah membusuk itu ditemukan tersangkut batu di Kali Jenes, Cemani.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, warga di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban juga menemukan potongan kaki kiri di Bengawan Solo.

Polisi lantas membawa dua temuan tersebut ke RSUD dr Moewardi Solo untuk proses identifikasi dan memastikan keterkaitan dua temuan tersebut.

“Kita mau bawa ke RSUD dr Moewardi Solo, untuk kita identifikasi apakah cocok atau tidak. Mudah-mudahan segera ditemukan bagian tubuh lainnya,” kata Kapolsek Grogol AKP Marlin Supu Payu, Minggu (21/5/2023).

Sedangkan sekitar pukul 14.00 WIB, warga kembali menemukan potongan tubuh bagian badan. Tubuh tersebut ditemukan di Kali Jenes, tak jauh dari temuan pertama.

Badan bagian perut hingga leher itu ditemukan tanpa kaki, tangan dan kepala. Bagian kelaminnya juga hilang.

Meski demikian, polisi menduga sosok mayat terpotong tersebut berjenis kelamin laki-laki.

“(Jenis kelamin) Masih belum bisa dipastikan. Karena kemaluan dan wajah (kepala) belum ditemukan. Dugaan sementara laki-laki, kalau dilihat dari fisiknya,” jelas Marlin.

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengatakan, temuan potongan tangan kiri dan badan di Kali Jenes, Desa Cemani, Kecamatan Grogol. Sementara kaki kiri ditemukan di Bengawan Solo, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban.

Sigit menuturkan dari potongan tangan dan kaki yang ditemukan, tidak ada tanda khusus, misalnya tato. Sementara itu, potongan tubuh yang ditemukan dibawa ke RSUD dr Moewardi, Solo, untuk diperiksa tim forensik.

Sigit belum bisa membeberkan lebih jauh lagi terkait penemuan potongan mayat ini. Termasuk apakah dibuang terpisah, atau dari aliran sungai yang sama.

“Kalau saya lihat di TKP, alirannya tenang. Tapi ini masih penyelidikan,” kata Sigit, Minggu (21/5).

Warga menemukan potongan kepala manusia di Kali Jenes tepatnya di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, kemarin sore.

Kapolsek Pasar Kliwon AKP Marwanto mengonfirmasi penemuan kepala manusia itu. Temuan itu kemudian dibawa tim Inafis ke RSUD dr Moewardi.

“Aliran airnya surut. Jadi (potongan kepala manusia) ditemukan tersangkut oleh warga yang mau memancing,” kata Marwanto saat dihubungi awak media, Minggu (21/5).

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi mengatakan potongan kepala yang ditemukan masih utuh namun kondisinya sudah rusak.

“Dari potongan itu, sebagian sudah mengalami perubahan karena tergenang air maupun terluka. Melihat kondisi kerusakan luar, kita memperkirakan sudah lebih dari 1×24 di kondisi air,” kata Iwan.

Iwan mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo terkait temuan potongan kepala manusia itu. Hasil pemeriksaan sementara, potongan kepala itu berjenis kelamin laki-laki.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Sukoharjo, di sana sudah melakukan sisir, dan mungkin kami akan melakukan hal yang sama. Kami juga mengimbau kepada masyarakat, bila ada anggota keluarga yang hilang 1-2 minggu lalu atau lebih untuk melaporkan ke kami, dengan membawa keterangan,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihak kepolisian belum menentukan penyebab kematian korban. Sebab penyelidikan masih terus dilakukan.

“Kami tidak berspekulasi atas potongan-potongan yang ditemukan, meski ditemukan luka terbuka. Konstruksi ini akan ditangani lebih lanjut oleh forensik,” ujarnya.

“Postmortem dan antemortemnya kita konstruksikan akan membuat terang. Apakah mengarah ke tindak kriminal atau kecelakaan,” pungkasnya. (Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in JATENG

To Top