Connect with us

Berita Patroli

KALBAR

Plt Ketua Golkar Kubu Raya Diduga Bunuh Diri

Plt Ketua Golkar Kubu Raya Terjun ke Sungai Kapuas, Diduga Bunuh Diri

KALBAR, Berita Patroli – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Golkar Kubu Raya, M Iqbal Zafarullah diduga bunuh diri dengan terjun ke sungai Kapuas di Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Minggu (14/5/2023).

Sebelum meloncat ke sungai Kapuas, Iqbal mendaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubur Raya.

Hingga berita ini ditulis pada Minggu malam sekira pukul 23.46 WIB, Iqbal belum diketemukan.

Pihak Polres Kubu Raya mengungkap kronologi Iqbal meloncat ke sungai.

Iqbal dan istrinya semula mendaftarkan bacaleg Partai Golkar ke KPU Kubu Raya pada Minggu pagi.

Setelah itu, Iqbal mengajak istrinya pulang. Namun, bukannya mengarah ke rumah, mobil yang dikemudian Iqbal justru mengarah ke daerah Kuala Dua.

“Pada saat sedang berada di KPU Kubu Raya dalam rangka pengajuan caleg partai Golkar Kubu Raya, korban mengajak istrinya untuk pulang ke rumah. Tetapi ternyata mengarah ke arah Kuala Dua,” kata Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade, dikutip dari TribunPontianak.

Setelah itu, Iqbal diduga hendak menceburkan mobilnya ke sungai. Upaya itu dihalangi oleh sang istri dengan cara mengaktifkan rem tangan mobil.

Istri Iqbal kemudian keluar dari mobil dan berteriak minta tolong. Namun, Iqbal yang juga keluar dari mobil langsung menceburkan diri ke sungai.

“Saksi (istri Iqbal, Red) keluar minta tolong dan korban juga keluar dari mobil kemudian melompat ke Sungai Kapuas dan sampai saat ini korban belum ditemukan,” terang Ade.

Tindakan Iqbal yang menceburkan diri ke sungai Kapuas juga disaksikan seorang pekerja yang sedang mengoperasikan eksavator.

Mobil Suzuki Ertiga yang dikemudikan Iqbal masuk kedalam pangkalan pasir PD Satria Desa Kuala Dua dengan kecepatan tinggi dan sempat berhenti di belakang eksavator.

“Tidak lama kemudian mobil kembali jalan ke arah steiger pangkalan PD Satria dan berhenti,” kata Ade.

Saksi melihat ada laki-laki dan perempuan berada di dalam mobil. Terjadi tarik menarik hendak keluar mobil dan melihat perempuan keluar mobil minta tolong.

“Laki-laki keluar dari mobil menggunakan baju kuning berjalan menuju tongkang pasir kemudian menceburkan diri di belakang tongkang tepat berada dijangkar tongkang,” jelasnya.

Sebelum meloncat ke sungai Kapuas pada Minggu (14/5/2023), beberapa hari sebelumnya, Iqbal sempat berada di Jakarta.

Hal itu diungkap Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia. Namun, kata Doli, saat berada di Jakarta, Iqbal sempat dilarikan ke rumah sakit.

“Sebenarnya dua hari lalu yang bersangkutan hadir di Jakarta juga, sudah sakit. Sakit. Kami sempat bawa ke rumah sakit,” kata Doli saat konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023).

Setelah sempat dibawa ke rumah sakit, lanjut Doli, Iqbal pulang ke Kubur Raya hingga akhirnya terjadi peristiwa terjun ke sungai Kapuas itu.

Doli meyakini, aksi Iqbal yang diduga bunuh diri itu tidak terkait dengan politik.

“Jadi saya kira itu lebih pada perosalan personal individu. Tidak ada kaitannya dengan partai politik,” ucap Doli.

Sebelum terjun ke sungai Kapuas, Iqbal terpantau cukup aktif di media sosial. Di akun Faceboooknya, ia terakhir membuat postingan pada 19 Februari lalu.

Ia mengunggah flyer berisikan ucapan selamat memperingati Isra Miraj dari dirinya selaku Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubu Raya.

“Semangkin baik kualitas sholatmu, semakin baik pulalah kualitas kehidupan sosialmu..
-Selamat meperingati peristiwa yang Agung Dari Dia yang maha Agung kepada HambaNya yang Agung-,” tulisnya.

Di postingan-postingan sebelunya, Iqbal tampak mengunggah sejumlah agenda partai dan juga sikap-sikap politik Partai Golkar.

M Iqbal Zafarullah merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar).

Dirangkum Tribunnews.com dari berbagai sumber, M. Iqbal Zafarullah resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2022.

Ia menggantikan posisi Erry Iriansyah, mantan Ketua DPD Golkar Kubu Raya sekaligus anggota DPRD Kalbar yang tersandung masalah hukum di Polda Kalbar.

M. Iqbal Zafarullah pun ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubu Raya, sisa masa bakti 2020-2025.

Sebelumnya, Iqbal yang merupakan wakil ketua DPD Golkar Kalbar ini pernah menjabat Plt Golkar Bengkayang.

Selain di partai Golkar, Iqbal juga dikenal aktif di PW Mathlaul Anwar Kalimantan Barat.

Iqbal juga pernah menjadi bagian dari organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Barat.

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KALBAR

To Top