Connect with us

Berita Patroli

JATENG

Sengketa Lahan SD di Pati Ditanami Pohon Pisang !

SD di Pati ditanami pohon pisang karena sengketa lahan

PATI, Berita Patroli Karena sengketa lahan, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati Jawa Tengah ditanami pohon pisang. Hal itu membuat siswa setempat menjadi kesal, karena mengganggu proses ujian. Siswa SD itu pun mencabuti belasan pohon pisang yang ditanam.

Dari pantauan, pelajar SDN 2 Dukuhseti, Pati, merusak dan mencabuti sejumlah pohon pisang yang ditanam di sejumlah titik halaman sekolah mereka, Selasa (9/5/2023).

Aksi pelajar ini merupakan dampak kekesalan karena tempat sekolah mereka tersangkut masalah sengketa lahan dengan seseorang warga setempat.

Hingga Rabu (10/5/2023) pagi, kini sejumlah pohon pisang yang ditanam di halaman sekolah sudah menghilang. Sebagian dibuang oleh siswa-siswi SD 2 Dukuhseti, Pati. Namun, masih ada beberapa titik yang tertanam pohon pisang.

Kepala sekolah SDN 2 Dukuhseti, Endah Krismiati mengatakan, pohon pisang tersebut ditanam seseorang pada Senin (8/5/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.

“Senin sore sekitar pukul 15.30 WIB penanamannya. Di halaman sekolah dan di belakang itu ada 16 pohon, iya itu di depan kelas. Kami dari pihak sekolah dan guru ada yang berdomisili di sini jadinya langsung cek ke tempat kejadian seperti apa,” kata Endah Krismiati, kepada Beritasatu.com, Rabu pagi.

Mengingat Selasa kemarin siswa-siswi kelas 6 masih ujian, hal itu sangat mengganggu. Pihaknya pun sudah mengingatkan kepada anak-anak agar membiarkan saja. Namun, karena mungkin anak kesal, sehingga seusai pulang sekolah mereka mencabuti dan merusak pohon pisang yang ditanami oleh seseorang.

“Proses belajar ya sempat terganggu, pohon pisangnya malah anak-anak yang cabutin, pihak guru kami sudah menegur mereka tidak usah dicabuti biar seperti itulah. Mungkin anak-anak kesal,” terangnya.

Endah menambahkan, sebelumnya sudah pernah terjadi perihal serupa di November 2022. Waktu itu SDN 2 Dukuhseti juga sempat disegel selama satu minggu. Kemudian, segel dibuka lagi oleh Satpol PP Kabupaten Pati.

Pihaknya sudah melaporkan ada sengketa lahan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pati agar ditindak lanjuti.

Johan Adi Putra, guru SDN 2 Dukuhseti yang juga warga setempat menjelaskan, seseorang meminta agar pohon pisang terrsebut tidak dirusak.

“Saya di sini cuma lihat saja, tidak bertanya atau menegur, kemudian anak-anak sore juga latihan olahraga di sini. Pesannya pada anak-anak silakan latihan di sini, tetapi jangan rusak pohon pisang seperti itu,” pungkasnya Johan Adi.

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in JATENG

To Top