Connect with us

Berita Patroli

RIAU

APARAT HUKUM DIMINTA USUT PENYIMPANGAN PROYEK SWAKELOLA DINAS PUPR KABUPATEN BENGKALIS

Salah satu titik lokasi proyek swakelola dinas PUPR Tahun Anggaran 2021 di Kecamatan Rupat

Rupat . Berita Patroli – Aparat penegak hukum diminta untuk mengusut adanya dugaan penyimpangan pada pelaksanaan pekerjaan Proyek Swakelola di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2021.

Pasalnya disejumlah titik lokasi proyek pembangunan jalan beton yang dilaksanakan dengan menggunakan APBD Kabupaten Bengkalis melalui mekanisme Swakelola Tahun Anggaran 2021 tersebut diduga telah terjadi penyimpangan seperti pekerjaan proyek pembangunan jalan rigit beton di Kecamatan Rupat yang diduga hanya dikerjakan dengan menggunakan alat seadanya tanpa Batching Plant.

Pelaksanaan pekerjaan proyek asal jadi tanpa memperhatikan mutu pekerjaan tersebut diduga terjadi karena pihak pelaksana ingin mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga menghalalkan berbagai cara demi mempercepat dan mempermudah jalannya proyek meski itu menyalahi aturan.

Pantauan media ini dilapangan, ada sekitar enam titik pekerjaan proyek Swakelola Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis di kecamatan Rupat yang seharusnya menggunakan alat khusus batching plant namun hanya dikerjakan dengan menggunakan alat seadanya (molen).

Dari hasil penelusuran dilapangan, alat Batching Plant yang seharusnya digunakan untuk memasak semen cor tidak digunakan melainkan dikerjakan dengan cara pengadukan manual menggunakan kawah papan biasa yang ditampung molen kecil yang terletak di lokasi proyek.

Seorang tokoh masyarakat kepada media ini mengungkapkan kekecewan terhadap pelaksanaan kegiatan proyek jalan rigit beton yang dikerjakan secara manual tersebut karena hasil kualitas fisik pekerjaan yang diragukan dan tidak akan bertahan lama sehingga merugikan masyarakat.

“Kita curiga selama ini semua pekerjaan proyek beton di Rupat dikerjakan dengan menggunakan alat seadanya seperti itu,” ungkapnya.
“Kalau seperti itu pelaksanaanya maka bisa dipastikan hasil pekerjaan tidak akan sesuai seperti yang diharapkan, buktinya lantai dasar jalan sebagian ada yang sudah hancur karena tidak bagusnya kualitas coran. Pungkasnya

Informasi yg berhasil dihimpun media ini, Anggaran Swakelola Dinas PUPR se-Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2021 lalu sekitar puluhan milyar sedangkan untuk kecamatan Rupat sendiri diperkirakan sekitar sepuluh milyar.

Kepala dinas PUPR Kabupaten Bengkalis Ardiansyah ST yang coba ditemui di kantornya tidak berada di tempat sementara sekretaris dinas PUPR Bengkalis, Erdila Johan yang dikonfirmasi via WA tidak bersedia memberikan keterangan. (Gus)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in RIAU

To Top