Connect with us

Berita Patroli

JABAR

Jawa Barat mendapatkan jumlah pembangunan jalan tol terbanyak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Jakarta . Berita Patroli – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan pembangunan jalan tol di provinsi yang dipimpinnya. Menurutnya, pembangunan jalan tol di Jawa Barat adalah yang terbanyak, dengan total 9 ruas tol yang sudah dan sedang dibangun.
“Jawa Barat mendapatkan jumlah pembangunan jalan tol terbanyak. Ada 9 ruas tol yang sudah dan sedang dibangun. Termasuk Tol Puncak dan Tol Cigatas Priangan Timur,” tulisnya di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Sabtu (5/8/2023).

Menurutnya, jalan tol berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang lebih tinggi dari rata-rata nasional. Investasi di Jawa Barat juga menjadi yang tertinggi di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Ridwan Kamil juga mengapresiasi kerja sama pemerintah pusat dan daerah yang selalu kompak dan saling mengisi. “Dan bonus, dipeluk lagi oleh pak Basuki Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono), sebagai ungkapan kerjasama Pusat-Daerah yang selalu kompak dan saling mengisi,” tuturnya.

Durasi perjalanan Jakarta-Pelabuhan Ratu Sukabumi sekarang hanya 2-2,5 jam dari sebelumnya 5-6 jam. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak di Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi.

“Jakarta-Pelabuhan Ratu Sukabumi sekarang hanya 2-2,5 jam dari sebelumnya 5-6 jam. Karena hadirnya Tol Ciawi-Parung Kuda yang diresmikan tadi pagi. Luar biasa. Hatur nuhun Pak Presiden dan Pak Menteri,” imbuhnya.

Sebelumnya Jokowi menyebut jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km selesai dan siap dioperasikan. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir menyebut tarif tol akan digratiskan hingga 20 Agustus 2023.

“Setelah diresmikan, ruas Cigombong-Cibadak akan dioperasikan tanpa tarif hingga 20 Agustus 2023,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/2023).

Adapun ruas ini menelan anggaran sebesar Rp 3,2 triliun. Dengan selesainya ruas jalan ini, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang sebelumnya memakan waktu 5-6 jam sekarang bisa dipercepat menjadi sekitar 2,5 jam.

“Ruas ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang dan juga yang berkaitan dengan investasi. Karena dari survei investor yang ada, Jawa barat menduduki ranking pertama karena paling banyak dibangun jalan tol,” ujar Jokowi.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Hingga saat ini Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Seksi 2 Cigombong-Cibadak sebelumnya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 86%, dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,9%. (Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in JABAR

To Top