Connect with us

Berita Patroli

BREAKING NEWS

Kapolda Riau “Irjen Iqbal” Diapresiasi Kepala BNN RI Atas Keberhasilannya Sita 2 Ton Lebih Sabu Selama Menjabat

Kepala BNN RI Komjen Pol Martinus (Tengah) bersama Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal (3 dari kanan)

PEKANBARU, RIAU – Berita Patroli

Keseriusan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam memberantas peredaran gelap narkoba mendapat apresiasi Kepala BNN RI Komjen Marthinus Hukom. Hal ini tidak terlepas dari hasil pengungkapan kasus narkoba selama Irjen Iqbal menjabat Kapolda Riau.

Ada 2 ton lebih narkotika jenis sabu berhasil disita dalam kurun waktu 2021-2024. Prestasi ini pun mendapat pujian Komjen Martinus saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang dipusatkan di Kota Dumai, Senin (24/6/2024).

Dia mengungkapkan, BNN bersama TNI-Polri dan instansi lainnya menggagalkan penyeludupan sabu sebanyak 112 gram, 806 ribu gram ganja dan 457 gram ganja sintetik serta 11.000 butir pil ekstasi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polda Riau, karena berhasil melakukan penangkapan-penangkapan sebagai upaya pencegahan,” kata Komjen Martinus.

Martinus menyampaikan penangkapan narkoba yang dilakukan oleh Polda Riau di bawah kepemimpinan Irjen Iqbal menyelamatkan seluruh bangsa Indonesia dari bahaya narkoba.

“Kami lihat penangkapan di wilayah Jawa, dan lainnya itu berasal dari Riau. Artinya jika Polda Riau berhasil menggagalkan di sini, (maka) sudah menyelamatkan seluruh bangsa Indonesia dari ancaman narkoba,” jelas Martinus.

Menurut Martinus presentasi untuk pencegahan narkoba yang paling sentral ada pada penangkapan. Apalagi pintu masuk di Riau yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya.

“Kalau Polda berhasil menangkap di sini. Artinya pintu masuk sudah tertutup,” kata jenderal bintang 3 jebolan Akpol 1991 itu.

Dalam peringatan Hari Anti Narkoba itu, Marthinus didampingi Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Kepala BNN Riau Brigjen Pol Robinson Siregar, dan Deputi Pemberantasan Irjen I Wayan Sugiri. Selain itu terlihat hadir Wali Kota Dumai H Paisal, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dan sejumlah pejabat di Riau.

Marthinus mengatakan, seluruh barang bukti yang disita merupakan hasil dari pengungkapan 128 kasus tindak pidana narkotika yang melibatkan 220 tersangka. Berdasarkan penyitaan seluruh barang bukti tersebut, BNN RI telah menyelamatkan 640 ribu jiwa dari ancaman bahaya narkotika.

“Dari total barang bukti yang disita oleh BNN pusat dan BNN Provinsi sebagaimana disebutkan tadi, sebanyak 56 ribu gram sabu, 41 ribu mililiter sabu cair, 652 gram ganja dan 6.460 butir ekstasi dimusnahkan,” kata Marthinus.

Pemusnahan dilakukan setelah sebelumnya disisihkan guna uji laboratorium dan ilmu pengetahuan. Pemusnahan barang bukti ini merupakan hasil dari pengungkapan 47 kasus dengan 80 tersangka di wilayah Sumatera, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Selain di Dumai, BNN Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara juga melakukan pemusnahan barang bukti,” kata Marthinus sambil mengajak perang memberantas narkoba.

Martinus menegaskan pihaknya akan terus melakukan perlawanan terhadap narkoba. Dia juga mengajak kerja sama masyarakat dalam memberikan informasi-informasi terkait narkoba.

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BREAKING NEWS

To Top