Connect with us

Berita Patroli

KALBAR

Brimob Kalbar Tanamkan Jiwa Pancasila Kepada Siswa-siswi SMK 2 Ketapang

Ketapang Kalbar, Berita Patroli – Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan kegiatan Brimob Go To School disalah satu sekolah yang berada di Kabupaten Ketapang. Senin (24/07/23).

Demi menciptakan generasi penerus bangsa yang mengerti akan makna dari Pancasila Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan kegiatan Brimob Go To School di SMK 02 Ketapang Jl. Gatot Subroto Payak Kumang, Kec. Delta Pawan, Kab. Ketapang. Brimob Go To School ini dimulai dengan melakukan upacara bendera dengan tujuan utama kegiatan Brimob Go To School ini adalah untuk mengajarkan kepada murid-murid tentang makna dari Pancasila mengingat mereka semua merupakan generasi penerus bangsa.

Makna dari Pancasila ini sendiri memang perlu untuk diajarkan kepada mereka yang merupakan penerus bangsa hal ini dimaksudkan agar mereka dewasa nanti mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Personel juga menjelaskan tentang makna dari Pancasila itu sendiri kepada mereka seperti sila pertama berupa cinta kasih, menjaga toleransi dan saling menghormati perbedaan kepercayaan. Kemudian sila kedua yaitu setara atau memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi. Sila ketiga yakni harmoni atau mengutamakan kepentingan Indonesia di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Sila keempat yakni demokratis atau memberikan kesempatan setiap orang untuk bebas berekspresi dan berpendapat dan yang terakhir adalah sila kelima yang mengajarkan kita tentang gotong royong.

Selain mengajarkan nilai-nilai Pancasila disini personel Satbrimob Polda Kalbar juga memberikan informasi tentang persyaratan untuk menjadi anggota Polri serta menjelaskan tentang apa itu Brimob dan fungsi Brimob dalam menjaga stabilitas situasi kamtibmas di Provinsi Kalbar. Ipda Hamid selaku perwira penanggung jawab di kegiatan Brimob Go To School kali ini meminta untuk seluruh tenaga pengajar yang ada di SMK 02 Kabupaten Ketapang untuk selalu mengajarkan dan juga mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekolah agar nantinya mereka terbiasa dan secara tidak langsung menciptakan generasi muda penerus bangsa yang megerti akan makna dari Pancasila.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KALBAR

To Top