Connect with us

Berita Patroli

JABAR

TPA Cipayung Depok Overload, PUPR Kucurkan Rp 70 M untuk TPS Terpadu

TPA Cipayung Sudah Overload

DEPOK, Berita Patroli – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung di Depok, Jawa Barat (Jabar) kelebihan muatan (overload). Pemerintah pusat mengucurkan Rp 70 miliar untuk membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST).

Pemberian dana pembangunan TPST itu dilakukan melalui program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP). Rencananya pembangunan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

“Depok saat ini masih tahap desain, kemungkinan selesai di bulan Agustus,” kata Team Leader National Project Management Consultant (NPMC) – ISWMP, Direktorat Sanitasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ria Ismaria, Senin (26/6/2023)

Kemudian akan dilanjutkan ke proses lelang pada bulan September. Jika semua berjalan lancar, maka bulan Oktober sudah dimulai pembangunan.

“Pembangunan diperkirakan selesai dalam waktu delapan bulan, maka akan selesai di bulan Mei atau Juni tahun depan,” katanya.

Dia mengatakan TPST yang akan dibangun dapat mengolah sampah 300 ton per hari. Nantinya sampah yang diolah menghasilkan produk berupa Refuse Derived Fuel (RDF).

Ia berharap, dengan hadirnya TPST ini permasalahan sampah di Kota Depok dapat segera teratasi.

“Jadi, dengan adanya TPST ini, Pemkot Depok sudah bisa melakukan pengolahan sampah di sumbernya, sehingga yang masuk ke TPA Cipayung semakin sedikit,” tutupnya.

Pemkot Depok mengusulkan dan meminta bantuan Kementerian PUPR untuk mengolah sampah buangan yang sudah over capacity atau melebihi kapasitas.

“Jadi Bapak Wali Kota Depok sudah mengusulkan dan meminta bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, yang pengajuannya sejak beberapa waktu lalu agar sampah di lokasi TPA Cipayung dapat ditangani dengan baik, mengurangi polusi udara dan bahaya longsor ke Kali Pesanggrahan,” jelas Kepala Unit Pelayanan terpadu (UPT) Cipayung Ardan Kurniawan, Senin (5/6).

Dia mengatakan permintaan bantuan ke Kementerian PUPR ini terkait pengolahan sampah secara modern dan ramah lingkungan melalui program ISWMP

(Red)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in JABAR

To Top